Company Profile

Profil Perusahaan

15 April 1961 merupakan tonggak perusahaan memulai perjalanannya menuju perusahaan otomotif yang profesional sebagai diler resmi Toyota untuk wilayah Jateng dan DIY. Adanya kesamaan visi dan kebulatan tekad untuk mampu mewujudkan impian menjadi kenyataan telah membawa perusahaan memiliki semangat juang dalam menapaki tangga keberhasilan. Perkembangan perusahaan di setiap periode waktu memberikan bukti bahwa arah perusahaan ini tetap berada pada jalur kesuksesan.

 

Dimulai dengan hanya menjual 7 unit Toyota Tiara, kini Nasmoco Group mampu menjual ribuan unit kendaraan Toyota setiap bulannya dan berhasil mempertahankan prestasinya sebagai market leader otomotif di Jateng dan DIY. Selain layanan penjualan, Nasmoco Group juga melayani service, dan menyediakan spare part di hampir seluruh kota-kota besar di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

 

PT New Ratna Motor melalui jaringan Dealer Nasmoco Group dalam memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan pun berkembang secara signifikan dan saat ini telah memiliki 22 cabang, 14 Sales and Service Point (SSP) dan 2 Toyota Outlet Service Station (TOSS).

 

Kinerja usaha di bidang Sales, Service dan Spare Part, secara keseluruhan menunjukan tren peningkatan yang cukup menggembirakan. Upaya untuk selalu meningkatkan kinerja usaha pun didukung oleh tata kelola perusahaan yang mengedepankan Good Corporate Governance di setiap aspek operasional perusahaan.

 

Hubungan Bisnis
PT New Ratna Motor merupakan salah satu dari 5 jaringan utama PT Toyota Astra Motor yang merupakan founder dealer merek Toyota di Indonesia dalam memasarkan produk Toyota untuk wilayah Jateng & DIY melalui jaringan Nasmoco Group.

 

Kegiatan Usaha

Untuk memberikan kepuasan pelayanan kepada pelanggan, PT. New Ratna Motor melalui jaringan Nasmoco Group tidak hanya fokus pada penjualan unit mobil melainkan juga pada layanan purna jual yaitu jasa bengkel (perbaikan kendaraan) dan Nasmoco Rental yang siap memberikan kemudahan serta kenyamanan pelanggan dalam bertransaksi dengan kami untuk memiliki ataupun menikmati kendaraan Toyota.


Organisasi

PT. New Ratna Motor dipimpin oleh President Director. Dalam kegiatan sehari-hari dikelola oleh Managing Director dan Marketing Director yang didukung 4 Divisi, yaitu Marketing, FAST (Finance Accounting System and Technology), HR & GA dimana strategi dan kebijakan bisnis dirumuskan dalam upaya mencapai tujuan organisasi, serta Operation Manager membantu Managing Director memastikan setiap kebijakan yang telah dirumuskan dapat dilaksanakan oleh cabang/dealer. Meskipun seluruh kegiatan dikendalikan terpusat, namun setiap cabang/dealer diarahkan sebagai profit center untuk mencapai keuntungan yang optimal. Kepala cabang/dealer bertanggung jawab terhadap kinerja dan perolehan keuntungan cabang/dealer. PT New Ratna Motor dan Nasmoco Group sampai saat ini mempekerjakan lebih dari 2.390 orang karyawan. (Dec, 2018)

 

Jaringan Bisnis

PT New Ratna Motor melalui jaringan Nasmoco Group telah memiliki 22 cabang/dealer dengan layanan penjualan unit kendaraan, service dan penyediaan Spare Part (VSP-Vehicle, Service dan Part) yang tersebar di hampir seluruh kota-kota besar di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Kinerja Usaha (Sales)

Kinerja kami dalam memasarkan Toyota di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta masih bertahan di tengah pasar otomotif Indonesia yang semakin kompetitif. Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir ini, penjualan tertinggi Toyota di Jateng dan DIY terjadi pada tahun 2017 dengan membukukan retail sales 28,191 unit dengan market share tertinggi pada tahun 2014 berada pada angka 33.7 persen.

 



 

Service

General Repair

Untuk layanan General Repair, bengkel Nasmoco telah dilengkapi peralatan Hi-Tech seperti Intelligent Tester, CO Tester/Gas Analyzer, dengan jumlah stall 297. Bengkel kami juga dilengkapi dengan armada Nasmoco Emergency Assistance (NEA) yang siap siaga 24 jam melayani kebutuhan darurat Toyota kapanpun dan dimanapun. Nasmoco juga menyediakan 14 Sales Service Point (SSP) di beberapa daerah yang belum terjangkau oleh bengkel cabang/dealer Nasmoco.

 

Nasmoco juga memiliki Lexus Satellite Service (LSS) khusus untuk perbaikan mobil premium Toyota Lexus dengan mekanik dan peralatan sesuai standar Lexus lengkap dengan ruang tunggu VIP yang nyaman. Inovasi juga dilakukan oleh Nasmoco dengan membuka layanan Booking Service dan Nasmoco App untuk mempermudah pelanggan mengakses layanan bengkel tanpa harus menunggu lama.

 

Body Repair & Paint

Untuk layanan Body Repair & Paint, bengkel Nasmoco telah dilengkapi fasilitas Ruang Epony/Surfacer, Mixing Machine, Spraybooth + Oven (Combybooth), Car Bench/Frame Aligner, Special Service Tool, dengan jumlah stall 297.

 

 

Sumber Daya Manusia

Perusahaan memahami bahwa kunci keberhasilan ini tidak terlepas dari peran seluruh karyawan. Oleh karena itu, perusahaan memandang SDM merupakan aset penting bagi kemajuan perusahaan. Kebijakan strategis pengelolaan dan pengembangan aset SDM menekankan pada peningkatan profesionalisme karyawan yang memiliki standar kompetensi yang tinggi, serta memiliki kepekaan terhadap totalitas kepuasan pelanggan dalam iklim bisnis yang kompetitif.

 

Salah satu komitmen terhadap pengembangan SDM diwujudkan dengan adanya Nasmoco Training Center sebagai pusat pengembangan kompetensi (Skill, Knowledge & Attitude) di Jl. Raya Kaligawe Km. 5 Semarang dengan luas + 900 m2 dan dilengkapi dengan sarana prasarana pendukung dalam proses belajar dan mengajar.

 

Proses pengembangan SDM yang dilakukan secara berkesinambungan dengan komitmen yang tinggi, mampu memberikan hasil yang menggembirakan diantaranya Nasmoco berhasil menjuarai beberapa kontes tingkat Nasional dan Internasional dalam lingkup Toyota, seperti kontes teknisi Body Paint & Repair, General Repair, Service Advisor, Supervisor serta kontes Kepala Cabang, dll.

 

Mengawali tahun 2019 ini, komitmen PT New Ratna Motor dan Nasmoco Group untuk selalu memberikan pelayanan melebihi harapan pelanggan pun dibuktikan melalui sertifikasi ISO 9001:2015 yang meliputi seluruh proses bisnis dan kerja di lingkup PT New Ratna Motor serta Nasmoco Group.